Friday, August 22, 2008

wisata alam unik di kota sumedang

wisata alam unik di kota sumedang

Sungguh naif memang bila kita bicara suatu daerah tanpa mengupas sektor wisatanya, di seluruh daerah di belahan muka bumi ini dapat dipastikan ada lokasi wisata yang sangat unik dari masing-masing daerah. Begitu juga dengan kota Sumedang.

Kota Sumedang yang 80% wilayahnya berupa perbukitan serta persawahan yang subur, ternyata memiliki segudang lokasi wisata yang sangat eksotis. Baik yang memang diciptakan manusia maupun hasil perubahan alam.

Salah satu contoh lokasi wisata yang diciptakan manusia, maksudnya masyarakat sumedang yakni Kampung Toga dan Kampung Citengah.



Kampung Toga

Kampung Toga singkatan dari Kampung Tanaman Obat – obatan, terletak 3 km dari alun - alun Sumedang merupakan objek rekreasi keluarga dengan lingkungan pegunungan yang indah dan nyaman yang cocok untuk pertemuan dan pesta. Bentangan alam dengan ketinggian yang berbeda menjadikan kawasan ini memiliki wisata yang beraneka ragam sehingga tersedia fasilitas untuk : • Paraglaiding • Gantole • Track • Arung jeram • Hiking • Jogging • Off Road • Game War • Horse Riding


Kampung Citengah




Kampung Citengah Sumedang cukup dikenal masyarakat terutama bagi mereka penyuka masakan ikan bakar. Citengah dikenal oleh komoditi ikan masnya yang menggunakan pola arus deras. Letaknya di puncak perbukitan dimana kolam-kolam arus deras dibuat di pinggir sungai citengah. Ikan-ikannya sangat lincah serta tidak banyak mengandung lemak, maklum dipelihara di kolam arus deras, makanya cocok banget buat penyuka ikan bakar.




Lokasinya yang terdapat didataran tinggi sangat cocok bagi mereka yang ingin melepas lelah dan kepenatan akibat beban hidup dan pekerjaan sehari-hari yang seakan tanpa henti. Di Citengah kita akan merasakan kehidupan kembali ke level nol, pemandangan sawah serta riak air di sungai diiringi kicauan burung liar sunguh suatu anugerah yang harus ditemukan.





Semakin keatas kita akan menjumpai perkebunan teh yang dibuat pada masa Belanda, pemandangan hijau kebun teh yang melebur diantara rimbunnya pepohonan hutan sungguh elok dipandang!




Namun terkadang yang memilukan yakni keindahan ini bagai tersapu angin dan tertutup rapat rimbunnya hutan Citengah, dan bagi orang-orang yang betul-betul mencari pasti akan menemukan sebuah anugerah Illahi yang sangat indah! Jauh dijugjug anggang diteang ( jauh dicari karena jarak bukan penghalang) merupakan anekdot tepat bagi kondidi wisata Citengah yang elok seperti 2 orang wisatawan dari Belanda ini yang hanya bermodal sebuah cerita masa lalu datang ke Citengah. Bagaimana dengan wisatawan lokal?



Semoga bermanfaat...


7 comments:

exsotikatasik said...

ass
keren banget blog n fhotonya jadi pengen main ke sumendang......... nih
nepangken nami abi hendra tapi barudak mah sok manggil ahend.terasken perjuangan tuk mengenalkan kota mu ke dunia kita senasib teman mampir juga ya ke blog abi http://exsotikatasik.blogspot.com

roknet education said...

dear, sumedang

sumedang is wonderfull city. there are many an interesting places. let's us promote it together to whole world. please, introduce my site on http://rocknet-education.blogspot.com

cheers
rocknet

priha siswana said...

dear

i love sumedang but loving it without love wonerfull village, please visit..http://desalegok.blogspot.com/

johan said...

bos wisata air terjun yg dekat dari kota apa bos

johan said...

sy dari cirebon mau liburan ke sumedang

Club Online Sumedang said...

sipp mantap...salam kenal ti urang sumedang..

ciburuan said...

Wah..., ampir teuapal di mana wae tempat pakanci di Sumedang